Pahami Pentingnya Merahasiakan Kode OTP

Pahami Pentingnya Merahasiakan Kode OTP

Pernah menerima SMS memuat 6 digit angka selagi kamu tengah lakukan transaksi online? Ini adalah OTP atau One-Time Password. Tapi, apakah kamu mengetahui seberapa pentingnya OTP dan kenapa kode ini gak boleh kamu berikan ke siapa pun? Yuk, pahami bagaimana kode ini mampu melindungi keamanan information kamu… atau sebaliknya.

Apa sih OTP itu?
Kode OTP atau One-Time Password adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali manfaatkan yang terdiri berasal dari 6 digit karakter (seringkali angka) unik dan rahasia yang kebanyakan dikirimkan melalui SMS atau e-mail. Setiap kode yang dikirimkan ini kebanyakan hanya berlaku sepanjang 5 menit.

Kapan kode OTP diperlukan?
Kode OTP dikirimkan di dalam bentuk SMS atau e-mail oleh pihak bank, aplikasi, atau operator perihal dan digunakan sebagai bentuk keamanan di dalam mengonfirmasi login atau transaksi yang dilakukan secara online. Karena itu, kode OTP berbentuk rahasia dan gak boleh diberikan kepada siapa pun, baik keluarga, kerabat dekat, lebih-lebih pihak pengirim kode lebih-lebih yang mengaku sebagai karyawan/perwakilan berasal dari perusahaan yang mengirimkan kode OTP tersebut.

Di Jenius, kode OTP kamu perlukan baik di aplikasi maupun web secure Jenius. Untuk di aplikasi Jenius, kode OTP diperlukan selagi lakukan registrasi dan menghubungkan aplikasi Jenius ke gadget baru. Sedangkan di web secure Jenius, kode OTP diperlukan selagi login, otentikasi transaksi (misalnya, pencairan dana Flexi Cash), atau membuat perubahan Info di di dalam Profile & Settings Jasa OTP .

Kenapa kode OTP gak boleh diberikan ke siapa pun?
Walaupun tujuannya sebagai bentuk keamanan, kode OTP seringkali dimanfaatkan oleh pihak gak bertanggungjawab untuk lakukan perihal yang gak diharapkan.

Kamu mampu memikirkan OTP sebagai kunci rumah. Kalau kunci tempat tinggal ini bergeser tangan, kamu memberikan akses kepada orang lain untuk masuk tempat tinggal dan menyita isi rumahmu. Dalam perihal kode OTP, kamu memberikan akses kepada orang lain untuk masuk ke akun yang kamu miliki, yang mana di dalamnya terkandung Info khusus kamu, layaknya nomer KTP, alamat rumah, Info kartu debit/kredit, dan lainnya yang mampu dimanfaatkan pihak gak bertanggung jawab.

Apabila perihal ini terjadi, pelaku mampu menyita alih akun milikmu dengan mengganti Info khusus di dalamnya agar gak mampu kamu akses kembali atau manfaatkan Info khusus kamu yang ada di dalamnya untuk hal-hal gak diharapkan yang mengatasnamakan dirimu.

Bagaimana caranya mengetahui ada yang berupaya menyerang akun yang aku miliki?
Pihak yang mengirimkan kode OTP selamanya mengingatkan untuk gak memberikan kode berikut kepada siapa pun terhitung pengirim. Karena itu, berhati-hatilah pada pihak yang menghubungi kamu dan mengaku sebagai perwakilan berasal dari pihak tertentu serta menghendaki kamu untuk memberikan kode OTP yang dikirimkan kepadamu.

Gak hanya itu, sekiranya kamu menerima rentetan SMS memuat kode OTP, mampu menjadi pelaku mencoba masuk ke akun milikmu secara paksa. Segera ganti password atau PIN yang kamu miliki dan hubungi costumer service berasal dari sarana yang kamu gunakan. Untuk Jenius, kamu mampu langsung mengganti password dan PIN melalui gadget yang kamu miliki dan hubungi Jenius Help di 1500 365 untuk melaporkan adanya percobaan tersebut.

Baca juga: Tips Membuat Password & PIN yang Aman

Apa yang wajib dilakukan agar akun Jenius kamu selamanya aman?
Untuk memastikan akun Jenius kamu selamanya aman, ikuti lebih dari satu tips berikut:
Selalu berhati-hati dan teliti. Kalau ada nomer asing yang menghubungi dan mengaku sebagai perwakilan Jenius, kamu patut curiga. Jenius hanya menghubungi melalui:

Twitter @jeniusconnect dan @jeniushelp,
Facebook fanpage Jenius Connect,
Instagram @jeniusconnect,
e-mail jenius-help@btpn.com, atau
telpon 1500 365.
Apabila ada yang menelepon kamu dan mengaku berasal dari Jenius berasal dari nomer tak hanya 1500 365, kamu mampu mengonfirmasi nomer berikut melalui DM ke kedua akun Twitter resmi Jenius.

Jangan pernah memberikan kode OTP yang kamu menerima ke siapa pun, lebih-lebih kepada karyawan Jenius.

Ganti password atau PIN yang kamu miliki secara berkala. Buat PIN yang tidak sama untuk setiap Kartu Debit Jenius yang kamu miliki. Untuk tips seputar PIN dan password yang aman, mampu kamu ketahui di sini.

Jangan biarkan Kartu Debit Jenius yang kamu miliki berada di tangan orang asing tanpa sepengamatanmu, sekiranya selagi lakukan pembayaran di kasir. Ini untuk jauhi Info pada kartumu diambil atau dicatat orang lain. Walaupun dilengkapi teknologi chip, Info pada kartu layaknya nomer kartu, jaman berlaku, dan kode CVV mampu dengan gampang dimanfaatkan pihak gak bertanggung jawab untuk lakukan transaksi gak diharapkan.

Kamu mampu lakukan temporary block sekiranya Kartu Debit Jenius kamu tengah tidak digunakan.

Kamu terhitung mampu membuat perubahan limit transaksi Kartu Debit Jenius cocok keperluan untuk tarik tunai atau transaksi di web e-Commerce.

Aktifkan Pengaturan Notifikasi pada aplikasi Jenius agar kamu selamanya mengetahui setiap kegiatan yang berlangsung pada akun Jenius kamu.

Baca juga: 5 Tips Tingkatkan Keamanan Saat Melakukan Aktivitas Perbankan

Di di dalam Jenius, bantuan pada sistem selamanya ditingkatkan demi kenyamanan dan keamanan para pengguna. Walaupun begitu, kami selamanya wajib berhati-hati pada pihak gak bertanggung jawab yang selamanya mencari celah untuk lakukan tindakan yang gak diharapkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.