Cobalah rasa unik dari Kopi Gayo, kopi asli Indonesia.

Kopi luwak merupakan salah satu jenis kopi yang terkenal dari Indonesia. Bukan satu-satunya jenis kopi nikmat yang wajib Anda coba saat datang ke Indonesia.

Bagi yang datang ke Indonesia, ada baiknya Anda mencoba salah satu jenis kopi arabika terbaik yang bernama Kopi Arabika Gayo. Kopi ini berasal dari Daerah Dataran Tinggi Gayo atau Kabupaten Aceh Tengah. Sebelum Anda mencoba kopi ini, ada baiknya Anda membaca beberapa fakta menarik tentang kopi.

SEJARAH KOPI ACEH GAYO

Kopi berasal dari Afrika sebelum diperdagangkan dan dibudidayakan secara besar-besaran oleh orang Eropa pada abad kesembilan belas. Belanda membawa kopi ke Jawa pada abad ke-17 untuk dibudidayakan di berbagai lokasi dan dataran tinggi; Belanda menanam kopi pertama kali di Tanah Gayo pada tahun 1904.
Petani mulai meninggalkan pertanian yang sebelumnya mendominasi, yang terutama terdiri dari lada dan teh, sebagai hasil dari keberhasilan mereka menghasilkan komoditas unggulan. Kopi Aceh Gayo akhirnya dijual kepada penjajah Belanda di Indonesia, dengan jumlah yang sedikit dikirim ke Eropa, untuk membeli kopi dangan kualitas terbaik Anda dapat membelinya di Kopi Lintong.

Rasa Kopi Aceh Gayo

Kopi Gayo populer baik secara lokal maupun internasional, terutama di Amerika Serikat dan Eropa, karena rasanya yang beraroma namun tetap bersih. Cita rasanya yang khas diperoleh melalui metode pengolahan populer yang disebut “Giling Basah,” juga dikenal sebagai lambung basah. Ini menghasilkan rasa yang kuat dan meningkatkan rasa manisnya dengan sedikit bumbu yang membedakannya.
Karena ketinggian perkebunan kopi yang bervariasi di Dataran Tinggi Gayo, cita rasa Aceh Gayo akan bervariasi. Perkebunan di daerah ini dikelola oleh perorangan, dan beberapa perkebunan menggunakan metode pertanian yang ditanam di bawah naungan.

Alasan Membeli Kopi Gayo

Kopi Aceh Gayo ditanam secara organik, yang mempromosikan kelestarian lingkungan jangka panjang.
Tidak hanya itu, keunggulan geografis menjadi salah satu alasan mengapa Kopi Aceh Gayo terkenal di seluruh dunia. Iklim dan jenis tanah merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat menanam pohon kopi.
Kopi Gayo ditanam di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, di mana jenis tanahnya ideal.
Hal lain yang perlu diperhatikan, selain bahan tanam dan cara tanam organik, adalah prosedur pengolahan. Petani di Gayo menggunakan proses basah yang berbeda yang menghasilkan rasa yang unik.

Tips Beli Biji Kopi dari Indonesia

Anda dapat memilih sumber tersebut sebagai salah satu tempat untuk mendapatkan biji kopi Indonesia yang Anda butuhkan. Ada beberapa varietas tambahan yang tersedia. Jadi, ketika Anda mulai mencari sumber, pastikan Anda mempelajari lebih lanjut tentang biji kopi yang ingin Anda beli.

  • Informasi produk spesifik: Anda juga harus mencari informasi produk di toko pemasok tersebut. Anda harus yakin bahwa mereka memberikan informasi yang luas tentang setiap biji kopi yang tersedia.
  • Sertifikasi: Faktor berikut yang perlu diperiksa adalah sertifikasi pemasok. Ada banyak bentuk jenis sertifikasi yang harus Anda cari dari penyedia kopi Indonesia Anda. Namun, jenis sertifikasi paling sederhana dan paling umum yang dapat menunjukkan penyedia yang baik adalah ISO 9001, ISO 22000, atau HACCAP.
  • Proses pembuatan: Pemasok kopi Indonesia yang ahli juga harus menyediakan layanan pemrosesan penuh untuk produknya. Artinya, mereka menangani semua operasi dari awal hingga akhir hingga produk siap dijual. Pemasok yang baik akan memiliki tim khusus untuk produksi pasokan biji kopi.

Jika Anda ingin membeli kopi dengan kualitas terbaik Anda dapat membelinya di Beli Kopi Lintong.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.